Rabu, 08 April 2015

Serpihan Surga di Hutan Purba, Alas Purwo

Anda salah satu penikmat pantai? Ada lagi suguhan menarik yang ditawarkan alam Banyuwangi yang siap memanjakan mata. Pantai Pancur, begitulah disebutnya karena di dekat pantainya terdapat sungai yang airnya mengalir diantara kanopi-kanopi hutan pinggir pantai dengan tanah yang sedikit terjal sehingga terdapat beberapa pancuran. Kapanpun anda berkunjung kesini, air jernihnya akan selalu menyapa karena ia mengalir sepanjang tahun. ini salah satu hal yang menjadi daya tarik pantai ini, selain sunsetnya yang sangat indah, seakan berbisik untuk memberitahu anda bahwa inilah saat yg tepat untuk mengabadikan momennya. disekitar pancur juga terdapat karang mati yang berwarna hitam dan disebut Parang Ireng, memiliki pasir berukuran agak besar yang disebut pasir gotri. 

Pantai ini terletak sejauh 5 km dari pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo. Memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putihnya serta lumut-lumut hijau yang menempel pada bebatuan dan karangnya. fasilitas yang disediakan meliputi kantin, mushola dan pos penjagaan 24 jam. Pantai ini terletak di persimpangan antara jalur menuju pantai plengkung -surga para peselancar- dengan jalur menuju beberapa goa yang kental dengan kesan mistisnya (goa istana, goa Mayangkoro dan goa Padepokan). 

Di sekitar hutan dekat pantai ini juga terdapat kijang, monyet ekor panjang serta berbagai spesies burung yang bersiap menyambut kedatangan anda. Suara satwa saling bersahutan dapat anda dengar, begitu harmonis dengan suara debur ombak pantai selatan. begitu asri dan masih terjaga kelestariannya. 

Jadilah saksi akan keindahan alamnya, serta ikutlah berperan dalam kelestariannya. Tugas mulia kita adalah menjaganya agar tetap lestari, agar anak cucu kita tak hanya mendapat warisan cerita, tetapi satu bentuk keindahan yang nyata. 

Agus NH 
LoPro Adventure


Tidak ada komentar:

Posting Komentar